Geram Amien Rais Diseret Soal Isu Lahan, PAN: Jaga Komentar, Hasto!






Saleh Partaonan Daulay, Anggota DPR&PAN (Foto: Dok. fraksipan.com)

Moslemcommunity- Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyerang Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais soal kepemilikan lahan yang besar di Yogyakarta. PAN meminta Hasto untuk menjaga tutur perkataannya.

"Hasto jaga komentarnya agar kelihatan kalau dia memang politisi cerdas dan berbudi," ujar Wasekjen PAN Saleh Daulay kepada wartawan, Rabu (20/2/2019).

Menurut Saleh, sangat tidak pantas mengait-ngaitkan perdebatan isu capres dengan pihak yang tidak terkait dengan isu tersebut. Ia mengkritik cara Hasto.

"Kelihatannya, Hasto hanya ingin menarik keuntungan dengan melibatkan semua pihak secara membabi buta," kata Saleh.

Saleh lalu meminta Hasto untuk adil. Jika mengikut cara Hasto, kata dia, lebih baik semua tokoh-tokoh yang terlibat dalam kontestasi Pilpres 2019 membuka informasi soal kepemilikan lahannya.

"Kalau mau fair, buka saja semua data pemilik lahan yang banyak-banyak dan luas-luas. Hasto mesti membuka data kepemilikan lahan secara keseluruhan," sebut Saleh

Juru debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ini juga menuding Jokowi tak fair saat debat capres kedua Pilpres pada Minggu (17/2) lalu. Saleh mengkritik soal pernyataan Jokowi yang menyinggung lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik Prabowo.

"Jokowi tentu tidak fair dalam debat kemarin. Sebab, dia hanya menyebut lahan HGU yang dikuasai Prabowo. Sementara, yang dikuasai pihak lain, tidak disinggung sama sekali. Karena itu, kita menuntut agar semua dibuka ke publik," tutur anggota DPR RI itu.

Sebelumnya diberitakan, Hasto berbicara mengenai ucapan Jokowi atas penguasaan lahan yang luas di Kaltim dan Aceh. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin itu lalu menyeret nama Amien dengan lahan-lahannya di Yogyakarta.

"Sosok seperti Prabowo dengan tanahnya yang begitu luas, dan demikian halnya dengan Amien Rais dengan lahan-lahannya di Yogyakarta langsung mati kutu dan jargon kampanye tanah dikuasai elite pun menjadi tidak laku, dipatahkan oleh politik pertanahan kerakyatan Jokowi," ungkap Hasto, Rabu (20/2).

Ia menyatakan sertifikasi lahan rakyat akan makin masif dilaksanakan ke depan jika Jokowi-Ma'ruf terpilih. Hasto menilai lewat sertifikasi tanah, maka perekonomian rakyat bakal berpotensi tumbuh.

"Sertifikasi lahan rakyat akan menjadi kebijakan yang semakin masif. Lindungi tanah rakyat melalui sertifikasi. Maka potensi pertumbuhan perekonomian ekonomi karena valuasi kekayaannya yang paling berharga pun dilakukan oleh negara. Sertifikasi lahan rakyat adalah bukti negara hadir di era pemerintahan Jokowi," urainya. (detik.com)



Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: