Diserang Isu HAM 98, BPN: Sifat Prabowo Sangat Hargai TNI Dan Senior







Prabowo Subianto dan Joko Widodo/Net

Moslemcommunity- Isu pelanggaran HAM bukanlah momok bagi Prabowo Subianto.

Capres nomor urut 02 itu dipastikan akan blak-blakan dalam debat nanti malam jika memang diperlukan.

Jurudebat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sodik Mujahid menegaskan, masyarakat Indonesia kini sudah tidak mempan dengan isu Prabowo sebagai pelanggar HAM.

"Lagu lama, masyarakat sudah paham," ucapnya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (17/1).

Buktinya, menurut dia, simpati masyarakat terhadap Prabowo kian bertambah.

"Apalagi kalau Prabowo mau buka cerita yang sesungguhnya, masyarakat makin simpatik kepada Prabowo. Jadi nggak akan bisa ganggu Prabowo Subianto dengan isu lama tersebut," tegasnya.

Jelang debat Capres-Cawapres 2019 malam nanti, beredar cuplikan video wawancara aktivis HAM, almarhum Munir Said Thalib tentang kasus penculikan aktivis.

Dalam video itu, Munir menggugat Panglima ABRI kala itu, Wiranto yang  berdasarkan hasil keputusan Dewan Kehormatan Perwira (DKP), sebagai pihak yang paling bertanggung jawab.

Senada dengan mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai yang menyebut Prabowo bukanlah pelaku pelanggaran HAM dalam kerusuhan tahun 1998. Berdasarkan hasil penyelidikan Komnas HAM, kata Pribadi, status Prabowo hanyalah sebagai saksi. Justru yang bertanggung jawab dalam peristiwa itu, menurut Pigai, adalah adalah commander responsibilities.

"Siapa bertanggung jawab? Commander responsibilities peristiwa '98 adalah Wiranto sesuai dengan hukum HAM internasional dan hukum HAM nasional UU 26 Tahun 2000," terang Pigai di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, kemarin (Rabu, 16/1).

Jika pun lawan debat menyerang dengan isu tragedi HAM 98, Sodik memastikan Prabowo tidak akan sembrono.

"Lihat sikon. (Yang pasti) sifat Prabowo sangat hargai lembaga TNI dan senior," ujarnya. (Rmol.co)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: