Amien Rais Diminta Mundur, PAN Duga Akibat Dukung Prabowo







Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais. (Foto: Kompas.com)

Moslemcommunity- Partai Amanat Nasional menduga munculnya permintaan supaya Amien Rais mundur dari posisi Ketua Dewan Kehormatan PAN, juga dari kiprahnya di dunia politik, muncul akibat dukungan Amien dan PAN ke pasangan capres-cawapres bernomor urut 02, Prabowo-Sandi. Hal itu terlihat dari isi surat terbuka lima pendiri PAN yang meminta Amien mundur.

"Saya meyakini (munculnya) surat itu tidak lepas dari dukungan Pak Amien dan PAN ke mas Prabowo, bukan ke Pak Jokowi," kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA pada Rabu, 26 Desember 2018.

Drajad menyoroti empat tuduhan pertama terhadap Amien dalam surat terbuka. Pada surat tersebut, lima pendiri PAN, yaitu Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, dan Zumrotin, intinya menuduh Amien sebagai tokoh reformasi telah mengubah prinsip-prinsipnya demi kepentingan politik praktis.

Padahal, Drajad menyampaikan, keputusan PAN mendukung Prabowo sejatinya merupakan keputusan kongres sebagai forum tertinggi PAN.

"Apakah salah jika Rakernas PAN 2018 mendukung Prabowo? Bukankah itu hak warga negara yang ada di PAN?" ujar Drajad.

Drajad menegaskan bahwa didesaknya Amien supaya mundur hanya karena mendukung Prabowo, sama saja artinya dengan mengkhianati AD/ART PAN. Sementara, setiap kader, termasuk lima pendiri PAN sendiri, tentu senantiasa harus mematuhi AD/ART dalam berorganisasi.

"Apakah bapak, ibu berlima hendak mengajari juniornya untuk tidak taat kepada keputusan Kongres?" ujar Drajad. (Viva.co.id)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: