Ternyata Ratna Sarumpaet Diundang ke Chile Sejak Oktober 2017







Ratna Sarumpaet (Foto: Muhammad Ridho)

Moslemcommunity- Saat ditangkap, Ratna Sarumpaet membantah melarikan diri ke Chile dan mengaku memang sudah berencana untuk menghadiri 11th Women Playwrights International Conference. Ratna sebenarnya sudah diundang sejak tahun lalu.

Hal itu terungkap dari surat pengajuan sponsor yang dikirim Ratna Sarumpaet ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Surat itu melampirkan undangan dari 11th Women Playwrights International Conference.

Undangan itu bertanggal 17 Oktober 2017. Ratna diundang untuk menghadiri konferensi di Santiago, Chile pada 7-12 Oktober 2018. Undangan itu ditandatangani oleh Director WPIC Chile 2018 Sally Campusano dan Co-director Muriet Miranda.

Undangan itu yang menjadi dasar Ratna meminta Pemprov DKI jadi sponsor lewat surat bertanggal 31 Januari 2018. Surat Ratna itu masuk ke meja Anies pada 15 Februari 2018.

Anies kemudian memberi disposisi dengan tanda 'TL' atau ditindaklanjuti berparaf 19 Februari 2018. Disposisi itu keluar pada 20 Februari 2018.

Pada Kamis (4/10) malam, polisi menangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno-Hatta saat perempuan itu hendak terbang ke Chile. Polisi menduga Ratna ingin melarikan diri.

"Statusnya kemarin panggil saksi. Tapi, karena dia mau melarikan diri, ya kita naikkan jadi tersangka," ujar Kasubdit Jatanras AKBP Jerry Siagian saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/10/2018).

Ratna sebelumnya membantah akan terbang ke Chile untuk melarikan diri.

"Ha-ha-ha... nggak itu," jawab Ratna kepada detikcom. (detik.com)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: