Warga Solo Tolak Kegiatan Jalan Sehat Jokowi, Diduga Bermuatan Politik







(Foto: Istimewa)

Moslemcommunity- Acara jalan sehat yang mengundang capres nomor urut 01 Joko Widodo di Solo mendapat penolakan dari elemen masyarakat. Pemkot Solo juga melarang kegiatan yang akan digelar di kawasan CFD tersebut. Relawan Projo pasang badan terkait penolakan itu.

Jalan sehat bersama Jokowi rencananya akan digelar hari Minggu (30/9) di kawasan CFD Solo, Jawa Tengah. The Islamic Study and Action Center (ISAC) tidak ingin ada kegiatan berbau politik di CFD.

"Kegiatan bermuatan politik seperti dukung mendukung capres dan cawapres seyogyanya tidak dilakukan di car free day," kata Sekretaris ISAC, Endro Sudarsono di Masjid Nurul Iman, Kalitan, Solo, Jumat (28/9).

Menanggapi penolakan itu, Projo menegaskan acara ini akan bersih dari atribut parpol. Projo mengklaim jalan sehat bersama Jokowi bebas dari muatan politik.

"Acara ini tidak menggunakan atribut parpol , atribut relawan dan tidak ada unsur kampanye. Murni kegiatan Pak Jokowi untuk melepas kangen dengan warga Solo," tegas Ketum Projo Budi Arie Setiadi dalam keterangan tertulisnya.

"Penyelanggaranya murni warga Solo dan bukannya satu organisasi tertentu. Bahwa banyak organisasi yang mengimbau anggotanya untuk hadir adalah hal biasa. Ini murni kerinduan warga Solo kepada Pak Jokowi begitu pula sebaliknya," imbuhnya.

Meski sudah pasang badan, jalan sehat bersama Jokowi dilarang oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Mantan Wakil Wali Kota Solo era Jokowi ini tidak memperbolehkan kegiatan politik di CFD.

"Untuk kegiatan politik capres cawapres maupun parpol peserta pemilu serta organisasi-organisasi berbau politik tidak diperbolehkan bergiatan di CFD," ujar pria yang akrab disapa Rudy ini dalam konferensi video di Balai Kota Surakarta.

Dimintai tanggapan secara terpisah, Jokowi menyerahkan kepada penyelenggara terkait penolakan tersebut. Jokowi juga mengaku tidak tahu apakah dirinya diundang dalam acara jalan sehat itu. Dia pun tak memastikan dirinya akan hadir.

"Tanyakan panitianya, acaranya seperti apa, jam berapa, saya diundang apa nggak. Kalau diundang ya bisa datang bisa tidak," ujar Jokowi usai membuka Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Sunan Hotel Solo. (detik.com)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: