Heboh! Napi di Palu Kabur Saat Bencana, JK: Nanti Kita Tangkap Lagi







Foto: Antara Foto

Moslemcommunity- Para narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu banyak yang kabur saat terjadi gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Wakil Presiden Jusuf Kalla turut angkat suara atas kejadian tersebut. Menurutnya kejadian seperti itu pernah terjadi saat bencana serupa di Aceh beberapa tahun lalu.

"Ya itu memang sama kayak yang terjadi di Aceh dulu, tsunami," kata JK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 1 Oktober 2018. "Karena kan penjaranya juga kena dan kabur mereka, lari," ujarnya menambahkan.

Namun, JK memastikan kaburnya mereka itu juga akan diatasi oleh pemerintah. Dia menegaskan para narapidana yang kabur itu pasti akan dicari pemerintah. "Tapi tentu nanti dicari," kata JK.

Sebelumnya, Kepala Lapas Kelas IIA Palu, Adhi Yan Ricoh mengungkapkan, jumlah warga binaan di tempatnya ada sebanyak 560 orang. Lebih separuh dari mereka pergi setelah tembok-tembok penjara roboh.

Menurut Adhi, pihaknya tidak bisa mencegah para napi pergi, karena kondisi gelap setelah padamnya listrik dan jumlah petugas yang terbatas. Apalagi, kata dia, para petugas juga tampak panik dan berusaha menyelamatkan diri.

"Kondisinya sangat cepat terjadi, sulit mengendalikan situasi saat itu, karena petugas juga panik dan berusaha menyelamatkan diri sendiri," kata Adhi saat dihubungi VIVA, Sabtu, 29 September 2018. (Viva.co.id)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: