Studi: Larangan Merokok Bikin Orang Lebih Gampang Berhenti






Foto: ilustrasi/thinkstock

Moslemcommunity.net- Program pengendalian tembakau dengan melakukan pelarangan merokok di ruang publik disebut akan lebih bermanfaat jika cakupannya lebih luas. Tak tanggung-tanggung, larangan merokok di rumah dan apartemen disebut penelitian bisa membuat seseorang lebih gampang merokok.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis data warga negara Amerika Serikat yang berhenti merokok dari tahun 2002 hingga 2011. Setelah itu, data tersebut dikroscek dengan peraturan larangan merokok setempat, dan apakah partisipan merokok di rumah.

Hasil penelitian menyebut mereka yang dilarang merokok di rumah dan apartemen memiliki kemungkinan 60 persen lebih besar untuk berhenti merokok. Namun persentase keberhasilan lebih rendah 33 persen pada keluarga miskin.

"Mengurangi konsumsi merupakan tanda kesuksesan berhenti merokok. Dengan berhenti merokok, keluarga miskin bisa memangkas jarak pendapatan dengan keluarga menengah hingga 36 persen," ujar dr Maya Vijayaraghavan dari University of California, San Francisco, dikutip dari Reuters.

Peneliti berpendapat bahwa larangan merokok di rumah, apartemen, dan ruang publik membuat kesempatan perokok untuk merokok berkurang. Ketika merokok menjadi merepotkan, maka kemungkinan untuk mengurangi konsumsi, dan berhenti dalam jangka panjang akan meningkat.

"Perluasan daerah larangan merokok penting, bukan hanya untuk kesehatan, namun juga udara di sekitar rumah yang lebih bersih," tambahnya lagi.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE ini merupakan bentuk merupakan dukungan ilmuwan Amerika Serikat terhadap peraturan baru U.S. Department of Housing and Urban Development (HUD).

Dalam peraturan baru tersebut, larangan merokok diberlakukan di daerah perumahan, apartemen, ruang publik, taman, dan jalan raya dengan radius 7,7 meter dari tempat tinggal. (detik.com)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: