Ingin Saingi Cina, Donald Trump Bakal Tingkatkan Perdagangan dengan Indonesia. Bagaimana Menurut Anda?






(Foto: Istimewa)

Moslemcommunity.net- MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, Minggu (5/8/2018). Dalam kunjungannya itu ia menyampaikan pesan Presiden Donald Trump yang ingin memperluas sayap dagang ke Asia, termasuk Indonesia. Keinginan Trump ini merespons kekuatan Cina dalam mendominasi perdagangan di kawasan Asia.

“Negara yang mencoba menggunakan kekuatan ekonominya untuk mendominasi kawasan ini adalah Cina, bukan Amerika Serikat. Kami ingin menjadi mitra yang hebat bagi Indonesia,” kata Pompeo dilansir Reuters, Senin (6/8/2018).

Pada Juli lalu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross di Washington. Keduanya sepakat untuk menaikkan nilai perdagangan tahunan AS-Indonesia menjadi USD50 miliar.

Seiring dengan rencana peningkatan perdagangan ini, Indonesia juga meminta AS untuk tidak menarik fasilitas Generalyzed System of Preferences (GSP). Pasalnya sekitar 53 persen barang yang tercakup oleh GSP adalah komoditas dengan tautan ke produk ekspor AS. Dan sebanyak 35 persen produk Indonesia yang menerima GSP merupakan bahan baku dari produk-produk AS.

Asosiasi Pengusaha Indonesia juga mengatakan dengan adanya fasilitas GSP, mereka mendapatkan pengurangan tarif atas ekspor senilai USD 2 miliar ke Amerika Serikat, untuk beberapa produk pertanian, tekstil dan kayu.

Data Kementerian Perdagangan menunjukkan total ekspor ke Amerika Serikat pada 2017 mencapai USD17,8 miliar. Indonesia mengalami surplus perdagangan senilai USD9,7 miliar dengan Amerika Serikat tahun lalu. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah meminta Amerika Serikat untuk mengecualikan produk aluminium dan baja Indonesia. (galamedia)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: