Heboh Soal Klaim Foto, Begini Kata Kemenkes soal Gambar Pria Gendong Bayi di Bungkus Rokok








Moslemcommunity.net- Beberapa waktu lalu, seorang pria bernama Dadang Mulya menjadi sorotan. Warga asal Kabupaten Kuningan Jawa Barat itu mengklaim bahwa fotonya dipakai menjadi salah satu dari lima peringatan kesehatan bergambar atau pictorial health warning (PHW) pada kemasan rokok. Gambar yang dimaksud adalah foto seorang lelaki yang sedang menggendong anak sambil merokok.

Kementerian Kesehatan mengklarifikasi bahwa Dadang bukan orang pertama yang mempermasalahkan mengenai gambar tersebut. Pada Januari 2017 lalu, Kementerian Kesehatan pernah menerima surat permohonan klarifikasi dari warga Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, bernama Suparman yang juga mengklaim bahwa gambar di dalam kemasan rokok itu adalah fotonya.

Baca juga: BPJS Kesehatan Cabut Tiga Pelayanan Kesehatan Ini

Namun Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa pengakuan kedua orang tersebut adalah tidak benar. “Keduanya mengaku difoto oleh orang tidak dikenal pada tahun 2012. Hal ini tidak sesuai dengan segmen waktu dan lokus pada gambar yang menjadi dasar klaim kedua orang tersebut,” ujar Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kirana Pritasari, dalam keterangan tertulisnya yang dikutip kumparan, Sabtu (28/7).

Terkait gambar yang dipermasalahkan, Kementerian Kesehatan mengklarifikasi bahwa Pemerintah Thailand sudah menggunakannya sejak tahun 2005-2006. Gambar itu digunakan sebagai penerapan PHW di Thailand.

"Hal ini dapat dibuktikan bahwa dalam laman http://www.tobaccolabels.ca/countries/thailand/ jelas dinyatakan bahwa gambar yang dipersoalkan tersebut telah dipergunakan sejak 2005 dan merupakan hak cipta dari Thailand," ujar Kirana.

Baca juga: Duh Miris Sekali! Ini Dampak Aturan Baru BPJS Kesehatan

Menurut Kirana, pada April hingga September 2007, Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (PPK-UI) melakukan riset dengan menguji 16 gambar peringatan kesehatan pada kemasan rokok yang digunakan negara-negara dari sumber Asian Images Bank. Berdasarkan hasil studi tersebut, terpilih lima gambar yang secara kebetulan seluruhnya memiliki hak cipta dari Thailand. (Kumparan)


Banner iklan disini Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: